Ternyata Mencampur Teh dan Susu adalah Kesalahan Besar

Teh susu adalah minuman yang merupakan campuran dari teh dan susu dalam komposisi tertentu.

Teh susu merupakan minuman yang lazim di dalam berbagai kebudayaan terutama di Asia. Namun karena kebudayaan berbeda tadi pula menyebabkan cara pembuatan yang tidak sama di antaranya.

Teh susu, minuman yang digemari oleh semua orang karena percampurannya yang unik. Di cafe hingga angkringan pun menyediakan, diminum hangat maupun dikasih es juga sangat nikmat.

Bertambahnya ragam minuman di sekitar kita menjadi “surga” bagi pecinta kuliner.  Sebagian minuman “baru” tersbeut merupakan hasil pencampuran berbagai bahan yang sudah umum dikenal tetapi dibuat dengan cara yang unik sehingga menarik.








Seperti teh tarik, minuman yang baerbahan utama teh dan susu yang dibuat dengan cara menuang campuran keduanya berkali-kali seperti “ditarik”.  Selain caranya yang unik, rasanya pun memiliki daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya.

Kebiasaan menambahkan susu ke dalam minuman teh juga telah menjadi suatu kebiasaan bagi warga UK.  Sebuah penelitian mengatakan 98% warga UK suka menambahkan susu ke dalam minuman tehnya.

Kebiasaaan ini mungkin saja “menular” kepada masyarakat Indonesia yang mudah mengikuti kebiasaan atau “trend”.  Namun, mungkin ada baiknya memperhatikan 2 hal berikut sebelum mengkonsumsi teh yang dicampur dengan susu.

Walaupun hanya hal sepele, menambahkan susu ke dalam minuman teh ternyata menimbulkan beberapa efek baik bagi minuman tehnya maupun kesehatan.  Efek yang pertama adalah mengenai manfaat teh.  Sebagian orang meminum teh untuk memperoleh manfaatnya.

Teh dikenal mengandung cukup banyak senyawa golongan polifenol yang merupakan zat antioksidan yang baik bagi kesehatan.  Salah satu contoh senyawa itu  adalah catechin. Namun, sebuah penelitian menyatakan bahwa menambahkan susu ke dalam minuman teh berpotensi mengurangi manfaat teh tersebut.

Ternyata, kasein (protein yang banyak terkandung pada susu) dapat menghambat kinerja dari senyawa catechin tersebut sehingga fungsinya sebagai antioksidan kurang optimal.

Kedua, susu sudah sangat dipercaya sebagai sumber kalsium yang baik bagi kesehatan tulang.  Konsumsi susu tentu saja akan meningkatkan kadar kalsium dalam tubuh kita.  Sayangnya, teh juga ternyata mengandung sebuah senyawa yang disebut asam oksalat.

Di dalam tubuh, senyawa ini akan dikeluarkan melalui urin.  Namun, senyawa ini dapat berikatan dengan kalsium yang terkandung dalam urin membentuk suatu partikel yang dikenal dengan batu ginjal.  Ukuran partikel ini akan bertambah sesuai dengan kandungan kalsium dan asam oksalat dalam urin.

Nah, jika sering mengkonsumsi susu dan teh secara bersamaan akan meningkatkan risiko penyakit kencing batu atau batu ginjal apalagi jika konsumsi air minum kurang.

Masalah batu ginjal ini lebih umum terjadi pada kaum pria.  Namun, kaum wanita juga harus berhati-hati karen menurut seorang peneliti dari University of Washington School of Medicine masalah batu ginjal ini meningkat 70% pada kaum wanita dalam 15 tahun terakhir.  Risikonya akan semakin meningkat dengan bertambahnya usia baik pria maupun pria.

Kebanyakan orang menambahkan susu ke dalam minuman teh hanya untuk menambah cita rasa minumannya tanpa peduli efeknya.

Namun, tidak ada salahnya jika kita mulai memperhatikan hal-hal sepele seperti ini.  Pada akhirnya hal sepele seperti ini juga ikut andil dalam kesehatan kita.

Source : Kompasiana

Jika ingin sehat dan terhindar dari resiko terkena serangan jantung dan stroke, jangan campur teh Anda dengan susu. [SB – healthcar3info.blogspot.co.id/]


 


No comments:

Post a Comment

Mohon Berikan Komentar Yang Berkualitas dan Membangun