Manfaat Susu Bagi Kesehatan Tubuh

Susu memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap. Kandungan gizi pada susu tersebut antara lain kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalium, kalsium, fosfor, besi, vitamin B1, C, A, E, dan D, maknesium, zat besi, kalium, yodium, natrium, selenium,dan seng.

Dengan kandungan gizi yang lengkap tersebut, susu memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. 



Manfaat susu untuk kesehatan tubuh kita antara lain sebagai berikut :
1.  Menjaga kesehatan kulit.
Gizi buruk turut berperan dalam pembentukan kerutan di wajah dan tanda-tanda penuaan lainnya pada kulit. Selain satu faktor penyebab gizi buruk adalah kurangnya minum susu cair segar dan makanan bergizi lainnya.

2.  Memperlambat datangnya penuaan.
Kandungan vitamin A yang cukup banyak pada susu cair segar merupakan salah satu antioksidan yang dapat memperlambat datangnya penuaan dan mengurangi timbulnya efek penuaan. Kandungan vitamin B kompleks pada susu juga banyak berperan untuk kesehatan kulit.

3.  Menjaga kelembaban kulit.
Kandungan lemak yang terdapat dalam susu cair segar diyakini mampu menjaga kelembaban kulit, terutama untuk kulit kering. Untuk kulit berminyak, konsumsi susu cair segar yang rendah lemak merupakan pilihan terbaik.

4.  Menjaga kesehatan tulang dan gigi.
Susu kaya akan kalsium, fosfor, dan vitamin D. Ketiga zat gizi ini sangat penting untuk pembentukan dan kesehatan tulang serta gigi, dan membantu mencegah terjadinya osteoporosis.

5.  Komposisi gizi lengkap.
Susu memiliki susunan gizi lengkap yang masing-masing unsur gizi tersebut dapat berguna untuk kesehatan tubuh. Susu banyak mengandung vitamin B12 (berperan untuk pembentukan sel darah merah), kalsium (untuk kekuatan tulang), karbohidrat ( untuk energi optimal), maknesium (untuk pembentukan otot), fosfor (menyimpan dan mengeluarkan energi), kalium (untuk sistem saraf yang baik), protein (untuk pertumbuhan dan proses penyembuhan), riboflavin (untuk kesehatan kulit), dan seng (untuk meningkatkan sistim kekebalan tubuh).





-->

No comments:

Post a Comment

Mohon Berikan Komentar Yang Berkualitas dan Membangun