Manfaat Air Kelapa Muda

Menurut penelitian, di dalam air kelapa muda terdapat kandungan gizi, antara lain gula (glukosa, fruktosa, dan sukrosa), protein, lemak, mineral (kalium, kalsium, magnesium, klorida, natrium), asam (asam glutamat, arginin, leusin, lisin, prolin, asam aspartat, alanin, histidin, fenilalanin, serin, sistin, dan tirosin) vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, dan asam folat.

Susunan zat gizi pada air kelapa muda sangat mendekati komposisi cairan isotonik, yaitu cairan yang sangat sesuai dengan cairan tubuh. Itulah sebabnya, sekarang ini minuman isotonik menjadi salah satu produk minuman yang banyak diperdagangkan. Fungsi dari minuman isotonik dapat dengan segera menggantikan mineral tubuh yang hilang melalui keringat.

Dibawah ini adalah beberapa manfaat air kelapa muda untuk kesehatan dan kecantikan :
  1. Membersihkan saluran pencernaan dan memperbaiki sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar akan membuat organ-organ pada tubuh berfungsi dengan baik. Sirkulasi darah yang lancar juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.
  2. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan beberapa jenis virus penyebab penyakit.
  3. Membantu memecah batu ginjal, jika di konsumsi secara rutin.
  4. Mempercepat naiknya trombosit bagi penderita demam berdarah.
  5. Mencegah dan mengatasi dehidrasi. Manfaat ini sangat berkaitan dengan kesehatan kulit. Sebab, ketika tubuh mengalami dehidrasi, kulit pun akan kehilangan kelembaban, sehingga kulit akan menjadi kering. Dengan cairan tubuh yang tetap seimbang (tidak mengalami dehidrasi), kulit pun akan merasakan manfaatnya.
  6. Mengatasi masalah jerawat, mengatasi noda hitam, kerutan pada wajah, kulit kering, dan menjadikan wajah berseri. Manfaat ini dapat di peroleh dengan cara mencuci wajah dengan menggunakan air kelapa muda secara rutin.
  7. Mengobati luka, menyembuhkan telapak kaki pecah-pecah, dan eksim. Caranya yaitu dengan membuat obat oles menggunakan beras dan air kelapa. Sediakan segenggam beras, kemudian rendam di dalam air kelapa muda dalam tempurungnya. Tunggu sampai beras terasa asam karena peragian. Tumbuk hingga halus. Oleskan ramuan ini pada bagian yang sakit secara rutin setiap hari selama 3-4 hari.
  8. Menyembuhkan luka bakar. Caranya yaitu air kelapa muda di campur dejumput bubuk kunyit dan air kapur sirih dalam ukuran sama. Oleskan ramuan tersebut pada kulit yang sakit.





-->

No comments:

Post a Comment

Mohon Berikan Komentar Yang Berkualitas dan Membangun