Tips Agar Tidak Gampang Terkena Flu

 Daya tahan tubuh yang lemah membuat seseorang mudah terkena flu, apalagi di saat musim penghujan. Namun dengan sedikit latihan dan melakukan kegiatan baik berikut ini akan membuat daya tahan tubuh Anda jadi tetap terjaga dan sakit flu pun dapat dicegah dengan mudah.

1. Jogging
Rajin melakukan jogging setiap pagi atau sore bisa menambah daya tahan tubuh Anda dari virus yang mudah masuk. Keringat yang Anda keluarkan saat jogging juga akan membantu tubuh dalam proses detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

2. Latihan kardiovaskular
Lakukan latihan kardiovaskular minimal selama 20 menit sebanyak tiga sampai empat kali dalam seminggu.
Latihan kardiovaskular ideal adalah latihan yang dimulai dengan lima hingga sepuluh menit pemanasan sehingga secara perlahan meningkatkan detak jantung Anda. Dilanjutkan dengan latihan selama 20 menit atau lebih dengan jenis latihan seperti treadmill, aerobik, atau berjalan.


3. Rajin mencuci tangan
Pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun setelah beranjak dari kamar mandi atau keluar rumah. Kemudian keringkan dengan handuk yang bersih.

4. Konsumsi vitamin C
Vitamin C berfungsi sebagai penambah daya tahan tubuh seseorang. Sumber asupan vitamin C bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi sayuran hijau, jeruk, jambu, pepaya, atau beragam buah beri.

5. Relaksasi
Menikmati sajian secangkir teh di sore hari, atau sekadar menyiram tanaman bisa menjadi cara yang mudah untuk membuat pikiran Anda menjadi tenang.

6. Tidur yang cukup
Seseorang yang tidur kurang dari tujuh jam sehari, memiliki risiko terserang flu yang mencapai tiga kali lebih tinggi dibanding mereka dengan waktu tidur yang cukup, demikian hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah tim dari Universitas Carnegie Mellon di 2009.

No comments:

Post a Comment

Mohon Berikan Komentar Yang Berkualitas dan Membangun